Agar Sukses Promil, Kenali 4 Faktor Penyebab Sulit Hamil Ini!

By | 30 Juli 2018

Agar Sukses Promil, Kenali 4 Faktor Penyebab Sulit Hamil Ini!

Bagaimana perkembangan promil Anda? Jika Anda masih sulit hamil, perlu diketahui faktor penyebabnya agar Anda bisa memaksimalkan usaha untuk segera hamil. Berikut 4 faktor penyebab Anda sulit hamil.

  1. Usia yang Terlalu Tua

Semakin tua usia, maka semakin lama pula waktu yang diperlukan untuk ovulasi. Hal ini dikarenakan tingkat kesuburan yang juga ikut menurun. Tingkat kesuburan menurun pada usia 30-an.

Banyak yang bilang usia hanya angka, tapi jika berbicara mengenai kehamilan hal ini berisiko. Dalam setahun wanita yang berusia 30-an hanya berpeluang 75% untuk bisa hamil. Sel telur mereka akan berkurang baik kualitas dan kuantitas.

Pada usia tua juga lebih berisiko keguguran serta hamil di luar rahim atau ektopik. Bahayanya lagi akan timbul gangguan genetik pada janin dan persalinan caesar. Jika Anda memiliki usia di atas 30 tahun, segera periksakan kondisi Anda ke dokter agar dapat dilakukan tindakan.

Hal itu juga berlaku pada laki-laki. Pada pria, usia tua juga berpengaruh pada kesuburan. Jika pria memiliki usia lima tahun lebih tua dari si wanita maka peluang hamil lebih kecil, begitu sebaliknya. Pria akan mengalami penurunan testosteron yang menyebabkan kesuburan berkurang. Produksi sperma juga lebih lambat.

  1. Kesehatan yang Kurang

Jika Anda sering melakukan pola makan buruk ada kemungkinan Anda sulit untuk hamil. Hormon yang berguna dalam hubungan seksual hanya akan tersimpan dalam lemak. Padahal hormon tersebut berperan penting dalam proses pembuahan. Kelebihan berat badan pun tidak baik dan akan memengaruhi hormon.

Berat badan yang kurang pada wanita juga berakibat tidak lancarnya siklus menstruasi. Anda akan sulit hamil. Sehingga perlu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan mulai sekarang. Selain untuk diri Anda sendiri kesehatan juga berguna untuk tumbuh kembang janin. Jika tubuh sehat organ reproduksi juga ikut prima.

  1. Waspada Riwayat Kesehatan Reproduksi

Jika Anda punya riwayat pernah menderita sakit pada organ reproduksi, maka sangat penting untuk Anda segera konsultasi ke dokter. Hal itu juga berlaku keturunan orangtua atau tiba-tiba pernah mengalami sesuatu hal dalam sistem reproduksi.

Dokter spesialis akan menganalisis riwayat tersebut sehingga ada tindakan tepat yang dilakukan setelahnya. Tidak ada waktu untuk menunda periksa ke dokter, karena ada potensi penyakit tertentu yang justru nantinya bisa dianggap kritis.

  1. Intensitas Hubungan Seksual Anda

Tidak dapat dipungkiri kalau intensitas hubungan seksual adalah kunci keberhasilan kehamilan. Semakin sering Anda melakukannya, semakin mendekati positif tingkat kehamilan. Maksimalkan masa subur dalam sebulan untuk melakukan hubungan seksual. Dalam masa itu Anda harus meninggalkan segala bentuk kontrasepsi agar peluang hamil lebih besar.

Jika Anda sudah paham sebab kenapa sulit hamil, maka Anda seharusnya dapat memulai promil dengan strategi yang lebih matang dan mantap. Lakukan hal yang dianjurkan dan tinggalkan yang membahayakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *