Cara Menjaga Kebersihan Makanan yang Dikonsumsi

By | 20 April 2019

Cara Menjaga Kebersihan Makanan yang Dikonsumsi

Selama masa kehamilan penting sekali menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh agar bayi mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan terbaik. Selain nilai nutrisi makanan tersebut penting juga untuk menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsi. Tujuannya agar tidak terkena kuman dan bakteri yang berbahaya bagi kandungan.

  1. Kebersihan Tangan

Mulailah menjaga kebersihan tangan Anda saat akan mengonsumsi makanan. Cuci tangan saat akan memasak makanan atau pun saat akan memakannya. Cuci menggunakan sabun dengan air yang mengalir agar tidak ada kuman dan bakteri yang tertinggal. Solusi lainnya bisa dengan menggunakan sarung tangan yang higienis saat sedang memasak.

  1. Mencuci Bahan Masakan

Cara menjaga kebersihan makanan bisa dilakukan dengan mencuci bahan masakan menggunakan air mengalir. Mulai dari bahan dagingnya, sayurannya, dan buah yang dikonsumsi. Hilangkan kotoran sampai tidak ada lagi yang tertinggal.

  1. Pisahkan Makanan

Cara berikutnya untuk menjaga kebersihan makanan dengan memisahkan makanan yang disimpan. Jangan campurkan makanan yang mudah terkena bakteri atau pun virus dengan makanan lain. Makanan yang dimaksud adalah daging dengan sayur-sayuran atau pun bahan lainnya.

Jadi simpanlah ke dalam kotak agar lebih aman. Setelah disimpan di dalam kotak yang terpisah-pisah masukkan ke dalam kulkas agar tidak mudah busuk atau pun rusak. Susunlah dengan rapi dan sesuaikan suhunya dengan bahan yang Anda letakkan.

  1. Masak dengan Benar

Pastikan Anda memasak makanan dengan suhu yang tepat agar tidak ada risiko kuman dan bakteri yang masih menempel. Pastikan makanan sudah benar-benar masak sebelum dikonsumsi. Anda bisa melihat dari tekstur atau mencicipinya terlebih dahulu.

  1. Kebersihan Area Dapur

Penting sekali untuk memperhatikan kebersihan area dapur agar makanan tetap dalam keadaan higienis. Pastikan tempat masak selalu dibersihkan setelah Anda gunakan agar kotoran tidak melekat atau susah hilang. Selain itu bersihkan semua peralatan sebelum disimpan jangan sampai ada yang basah lalu menyebabkan timbulnya jamur.

Selain itu kulkas juga masuk dalam area dapur yang harus dibersihkan secara berkala. Jangan biarkan kulkas Anda dalam kondisi yang kotor dengan sisa-sisa makanan yang disimpan. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan lap yang kering.

  1. Tempat Letak Makanan

Setelah makanan di masak pastikan Anda meletakkannya dalam wadah yang bersih dan tidak berkarat. Letakkan di atas meja yang bersih dan bertutup agar tidak ada kontaminasi bakteri atau pun kuman. Jika dalam keadaan hamil akan lebih baik jika menggunakan wadah yang sudah langsung bertutup.

Cara ini bisa Anda terapkan dengan mudah untuk menjaga kebersihan makanan. Selain informasi cara menjaga kebersihan makanan penting juga mengetahui cara agar cepat hamil jika Anda belum hamil. Caranya dengan mengetahui jenis makanan agar cepat hamil yang dapat dikonsumsi dengan rutin. Ini akan membantu Anda untuk segera hamil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *