Memilih Tenor Yang Tepat Ketika Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

By | 6 Juli 2018

Memilih Tenor Yang Tepat Ketika Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

Faktanya, ketika Anda memilih tenor yang terlalu panjang dan terlalu pendek dalam pengajuan pinjaman kredit tanpa agunan, bisa dipastikan ada dampak negatif yang akan dirasakan oleh pemohon. Karena itulah, sangat disarankan untuk memilih tenor KTA yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Khususnya adalah sesuai dengan kemampuan finansial yang Anda miliki. Lalu, bagaimana cara untuk memilih tenor yang baik dan juga tepat sesuai finansial? Agar Anda tidak salah pilih tenor, berikut informasi mengenai pemilihan tenor terbaik yang bisa dijadikan sebagai referensi tambahan.

Kondisi perekonomian yang tidak menentu seperti sekarang ini memang banyak mendesak masyarakat mengandalkan yang namanya pinjaman atau kredit untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang atau jangka menengah. Salah satu pinjaman yang sekarang sedang populer di masyararat adalah kredit tanpa menggunakan jaminan. Atau yang kerap disebut sebagai KTA. KTA sendiri merupakan pinjaman kredit yang tidak mengharuskan adanya jaminan atau agunan bagi pemohonnya. Karena tidak adanya jaminan, perbankan biasanya mengantisipasi dengan bunga yang cukup tinggi dengan jangka tenor yang lebih pendek.

Memilih Masa Tenor Yang Paling Pas Ketika Akan Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

Hal yang menentukan berapa besaran cicilan yang harus Anda bayarkan adalah masa tenor. Tenor kredit merupakan kisaran waktu pinjaman yang sebelumnya telah disepakati oleh kedua belah pihak, baik perbankan maupun pemohon. Dimana, pemohon memang wajib memenuhi untuk membayar angsuran per bulannya sampai tenor selesai. Tenor yang disediakan perbankan umumnya juga berbeda-beda sesuai besaran pinjaman dan juga kemampuan finansial masing-masing pemohon itu sendiri.

Jika pinjaman yang dibutuhkan nominalnya besar dengan kemampuan finansial yang dibawah rata-rata, tentu tenor yang dipilih akan cukup panjang. Ini juga berlaku sebaliknya, apabila nominal pinjaman yang dibutuhkan kecil maka jangka tenor juga lebih singkat. Lantas, bagaimana memilih tenor yang baik dan tepat? Tentunya, Anda harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangan tenor pinjaman jangka panjang dan tenor pinjaman jangka pendek. Berikut adalah pembahasannya:

Kelebihan tenor untuk jangka panjang adalah memiliki cicilan yang umumnya lebih kecil untuk dibayarkan setiap bulannya. Mengingat bahwa jangkanya cukup panjang. Tenor pinjaman kredit untuk jangka panjang ini juga cocok untuk Anda yang kebetulan memiliki penghasilan yang kecil. Sedangkan untuk kekurangannya, biasanya tenor ini memiliki bunga yang cukup tinggi. Karena hampir tidak ada perbankan yang mau mengambil resiko yang kedepannya tidak diinginkan. Bukan hanya bunga yang tinggi saja, pinjaman kredit tanpa agunan untuk tenor jangka panjang juga relatif lebih kecil.

Umumnya, pinjaman untuk tenor jangka panjang baru akan diberikan untuk karyawan yang memiliki pendapatan yang tetap. Karena perbankan memikirkan agar tidak ada resiko gagal bayar yang akhirnya menyebabkan kredit menjadi macet. Begitu pula untuk pengajuan pinjaman dana tunai untuk tenor jangka pendek, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda nikmati. Kelebihan tenor jangka pendek adalah cocok untuk pemohon dengan penghasilan tetap dengan gaji yang tinggi.

Tenor ini juga cocok bagi Anda yang setiap bulannya memiliki kenaikan gaji yang sudah jelas.Kekurangan dari tenor jangka pendek ini adalah besaran cicilan yang harus dilunasi per bulannya cukup tinggi dibanding jangka panjang. Demikian pembahasan mengenai memilih tenor pinjaman kredit tanpa agunan yang bisa kami berikan. Tidak ada cara atau tips khusus untuk memilih tenor pinjaman KTA. Karena semuanya disesuaikan dengan kebutuhan pinjaman dan juga kemampuan finansial yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *