Metode Belajar Efektif: Lebih Cerdas Bukan Lebih Keras

By | 29 Juni 2020

Metode Belajar Efektif: Lebih Cerdas Bukan Lebih Keras

Metode Belajar Efektif

Apakah kamu pernah merasa kebiasaan belajarmu tidak efektif? Apakah kamu bertanya-tanya apa yang bisa kamu lakukan untuk berprestasi lebih baik di kelas dan pada ujian? Banyak siswa menyadari bahwa kebiasaan belajar sekolah menengah mereka tidak terlalu efektif di perguruan tinggi. Untungnya, ada banyak strategi belajar aktif dan efektif yang terbukti efektif di kelas perguruan tinggi.

Berikut adalah tips belajar efektif:

  1. Membaca bukan belajar

Cukup membaca dan membaca ulang teks atau catatan tidak secara aktif terlibat dalam materi. Ini hanya membaca kembali catatan Kamu. Hanya ‘melakukan’ bacaan untuk kelas tidak belajar. Ini hanya melakukan pembacaan untuk kelas. Membaca ulang menyebabkan Kamu cepat lupa.

Pikirkan membaca sebagai bagian penting dari pra-belajar, tetapi belajar informasi membutuhkan keterlibatan aktif dalam materi (Edwards, 2014). Keterlibatan aktif adalah proses membangun makna dari teks yang melibatkan membuat koneksi ke kuliah, membentuk contoh, dan mengatur pembelajaran Kamu sendiri (Davis, 2007). Belajar aktif tidak berarti menyoroti atau menggarisbawahi teks, membaca ulang, atau menghafal.

  1. Memahami Siklus Studi

Melakukan pratinjau, menghadiri kelas, mengulas, mempelajari, dan memeriksa pemahaman Kamu. Meskipun setiap langkah mungkin tampak jelas secara sekilas, terlalu sering siswa mencoba mengambil jalan pintas dan kehilangan peluang untuk belajar dengan baik.

  1. Melamun bagus

Salah satu strategi pembelajaran yang paling berdampak adalah “praktik terdistribusi” —menempatkan studi kamu selama beberapa periode singkat selama beberapa hari dan minggu (Newport, 2007). Praktik yang paling efektif adalah bekerja dalam waktu singkat di setiap kelas setiap hari.

  1. Tingkatkan intensitas

Tidak semua belajar sama. Kamu akan mencapai lebih banyak jika kamu belajar secara intensif. Sesi belajar intensif singkat dan akan memungkinkan kamu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan sedikit usaha sia-sia. Waktu belajar yang lebih singkat dan intensif lebih efektif daripada menghabiskan waktu belajar.

  1. Masalah adalah temanmu

Belajar bahasa Inggris adalah langkah pertama untuk maju dalam bidang akademik. Jika Kamu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris untuk akademik, kuncinya adalah terus membuat perbaikan dalam tata bahasa, tanda baca, dan memperkaya kosakata. Cobalah metode belajar dengan EF Ambassador dari EF Adults di cabang terdekatmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *