Sebaiknya Berapa Kali Anak Minum Susu Dalam Sehari?

By | 27 Agustus 2019

Sebaiknya Berapa Kali Anak Minum Susu Dalam Sehari?

Apakah yang kamu bayangkan ketika anak dianjurkan minum susu setiap hari? Pasti asupan gizi yang terpenuhi karena susu terdapat zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, disisi lain ada anggapan pula bahwa minum susu setiap hari akan menambah kegemukan pada tubuh. Pasalnya, didalam susu mengandung lemak yang tinggi, sehingga tidak jarang membuat orangtua khawatir. Belum lagi, lemak ini identik dengan kegemukan. Sedangkan kegemukan pasti berujung pada penyakit. Siapa sih yang ingin anak-anaknya menjadi mudah terserang penyakit?

Minum Susu Tidak Menyebabkan Kegemukan

Sebenarnya, anggapan minum susu menyebabkan kegemukan benar atau tidak? Menurut pakar gizi, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Alasannya, didalam susu tersebut tidak mengandung tinggi lemak yang menyebabkan obesitas, melainkan lemak dengan komposisi tertentu. Anggapan menjadi gemuk akan menjadi benar, ketika aturan minum susu berlebihan dalam sehari.

Pakar gizi medik dari FKU UI pun menambahkan bahwa anak-anak juga membutuhkan lemak yang terkandung dalam susu seperti halnya tubuh membutuhkan karbohidrat dan protein. Maka, anak perlu mendapatkan asupan lemak dari susu supaya mendapatkan energi yang cukup untuk mencapai berat badan yang ideal.

Aturan Minum Susu bagi Anak dalam Sehari

Aturan minum susu ini penting supaya anak tidak memiliki berat badan yang berlebih. Lalu, seperti apakah aturan minum susu yang baik untuk anak dalam sehari?

Nah, masih menurut pakar gizi dari FKU UI, sebenarnya anak dianjurkan untuk minum susu sehari sebanyak tiga kali. Sedangkan, waktu minumnya tidak boleh dekat-dekat dengan makan utama anak. Paling tidak, sekitar satu jam sebelumnya. Mengapa harus demikian?

Sebab, minum susu sebelum makan akan membuat anak cepat kenyang. Dengan kata lain, minum susu tepat sebelum makan dikhawatirkan membuat anak tidak selera untuk makan. Disamping itu, pemberian waktu satu hingga dua jam sebelum makan ini memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk melakukan penyerapan kalsium yang sempurna. Disisi lain, aturan minum susu ini baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh ketika diberikan pada anak tepat setelah makan.

Perlu orang tua ketahui, susu ini bukanlah makanan utama bagi anak. Jadi, ketika anak sulit makan dan hanya mengandalkan minum susu, sebaiknya komunikasikan dulu dengan baik. Hal ini dikhawatirkan akan mengurangi kebutuhan nutrisi bagi tubuh. Sebagai langkah terbaik, kamu bisa membuat resep makanan dengan susu. Misalnya saja, susu sebagai bahan makanan berupa sup dan lainnya.

Manfaat Minum Susu bagi Kesehatan

Minum susu memang penting, namun bukan berarti kamu melupakan asupan nutrisi dari makanan ataupun minuman yang lain. Waktu minum susu yang tepat juga diperlukan supaya tidak memengaruhi kesehatan tubuh. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh terkait minum susu.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat ini akan kamu dapatkan ketika mengonsumsi susu sapi yang kaya akan sumper kalium. Kandungan tersebut membantu mengurangi tekanan darah dan risiko penyakit kardiovaskular.

Mencegah Kanker Usus Halus

Selain kalium, susu juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh NCI, ada hubungan yang positif antara konsumsi kalsium yang tinggi dengan penurunan risiko kanker usus besar. Meski demikian, peneliti masih mencatat bahwa hasilnyamasih belum konsisten.

Selain itu, masih ada banyak lagi manfat positif bagi tubuh yang akan kamu peroleh ketika rajin minum susu setiap hari. Jangan lupa, pastikan memilih susu terbaik Morinaga Platinum untuk anak dan perhatikan waktu memberikan susu yang tepat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *