Tanda-Tanda Terlalu banyak Meminum Kopi

By | 22 Februari 2018

Tanda-Tanda Terlalu banyak Meminum Kopi

Kopi adalah jenis minuman yang penting bagi sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Bukan hanya karena kenikmatan konsumen peminum kopi namun juga karena nilai ekonomis bagi negara-negara yang memproduksi dan mengekspor biji kopi (seperti Indonesia). Bagi beberapa orang produk ini, dibuat dari biji tanaman kopi yang dipanggang (tanaman berbunga dari famili Rubiaceae), disebut sebagai “komoditi kedua yang paling banyak diperdagangkan secara legal” dalam sejarah manusia.

Kopi yang dijual di dunia biasanya adalah kombinasi dari biji yang dipanggang dari dua varietas pohon kopi: arabika dan robusta. Perbedaan di antara kedua varietas ini terutama terletak pada rasa dan tingkat kafeinnya. Biji arabika, lebih mahal di pasar dunia, memiliki rasa yang lebih mild dan memiliki kandungan kafein 70% lebih rendah dibandingkan dengan biji robusta.

Berikut ini adalah beberapa tanda Anda sudah terlalu banyak minum kopi. Menurut American Dietetic Association, konsumsi kafein sebaiknya tidak lebih dari 300 mg per hari atau lebih dari 2-3 cangkir kopi.

  • Tidak bisa tidur

Tidak bisa tidur merupakan tanda paling umum ketika Anda terlalu banyak minum kopi. Menurut Mayo Clinic, kopi dapat menyebabkan Anda terbangun dari tidur pada malam hari sehingga mengurangi waktu tidur. Untuk mengatasi masalah ini, jangan minum kopi sebelum tidur. Minumlah paling lambat pada siang hari.

  • Gelisah

Tiba-tiba merasa gelisah? Mungkin Anda terlalu banyak minum kopi. Menurut Livestrong, kandungan kafein pada kopi bisa mempercepat sistem saraf pusat dan membuat Anda gelisah serta menjadi lebih waspada.

  • Sakit kepala

Minum kopi mungkin dapat membantu meringankan sakit kepala. Tetapi, jika terlalu banyak minum kopi, justru bisa membuat Anda pusing. Konsumsi kafein yang berlebihan yaitu sebanyak 500 mg atau setara dengan lima cangkir kopi.

  • Sakit perut

Seperti dikutip dari WebMD, ilmuwan Eropa mengatakan, minum kopi dapat merangsang sekresi asam lambung oleh sel-sel di perut. Hal ini dapat membuat perut sakit. Jika Anda memiliki refluks asam, hindari minum kopi.

  • Jantung berdebar

jantung berdetak cepat atau berdebar bisa jadi tanda terlalu banyak minum kopi. Hal ini karena kopi mengandung kafein. Berhentilah minum kopi jika jantung Anda tiba-tiba berdetak cepat.

  • Diare

Menurut International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorders, minum kopi lebih dari dua sampai tiga cangkir sehari bisa menyebabkan Anda diare. Jika Anda mulai bolak-balik ke kamar mandi, sebaiknya kurangi dulu konsumsi kopi secara bertahap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *